Indonesia Mobile Future

ASM Start UpMelihat perkembangan Internet beberapa tahun terakhir ini di Indonesia, perkembangannya sangat signifikan. di tahun akhir tahun 2012 ini sudah mencapai 60 juta pengguna internet di Indonesia. tetapi yang sangat menarik adalah pengakses internet di Indonesia banyak melalui Mobile. Untuk tahun kedepan mobile internet akan mendominasi dalam kehidupan manusia di muka bumi. Nah Bisnis apa yang menarik untuk dilakukan di pasar konsumen yang sangat tumbuh pesat ini. dan apa yang bisa dilakukan brand dengan behavior konsumen yang menarik ini. coba kita lihat fakta tentang Mobile User di tahun 2011-2013 ini
1. Mobile Boom dan pertumbuhan pengguna smart phone di dunia dan Indonesia.
A.Smartphones mencapai 30% market share in 2011 483 Juta unit dikirimkan keseluruh dunia. (1.144M units Shipped in Q1 2012, 2.153M units Shipped in Q2 2012, 3.181M units Shipped in Q3 2012)(Source: IDC)
B. Pengguna Smartphone di dunia dalam persen Android 56%, Apple 23%, Blackberry 7%, Windows 2%, other 12%. (Source: Source: Mobile statistics)
C: Di Indonesia pada tahun 2012 diperkirakan terdapat265 Juta mobile subscribers (Source : Buddecomm)
D. Rata-rata kepemilikan mobile diperkirakan mencapai 107% pada tahun 2015 (Source : Frost & Sullivan)
E. 51% pengguna mobile di Indonesia senang mendapatkan online advertising selama berhubungan dengan minat dan kebutuhan mereka (Sumber : Nielsen)
F.Pasar mobile advertising diperkirakan akan tumbuh sampai dengan 125 Juta Dollar ditahun 2015 (Sumber : Frost & Sullivan)
G.Jumlah pengguna mobile internet di Indonesia diperkirakan akan mencapai 145.2 Juta ditahun 2015 (Sumber : Frost & Sullivan)
H.Saat ini 82% orang Indonesia terutama atau secara khusus mengakses internet menggunakan gedget mereka (Sumber : Inmobi)
I.Lebih dari 43% pengguna online di Indonesia menyatakan menggunakan gedget sebagai alat utama untuk online (Sumber : Nielsen)
J.Indonesia merupakan pengakses internet menggunakan HP no 1 di dunia dengan jumlah 661 per orang perbulan (Sumber : Mic Indonesia)
K.Alasan orang Indonesia beralih pada mobile internet adalah mudah digunakan (52%), Privasi (43%), Mudah diakses (26%), Murah (25%) dan merasa bosan (9%) (Sumber : Inmobi)
L.Orang Indonesia menghabiskan 5 jam perharinya untuk mengakses mobile media (Sumber : Inmobi)
M.Pengguna mobile web menghabiskan 20% waktu online mereka pada situs musik dan video (Sumber : Inmobi)
O. Lebih dari 55% pengguna gedget di Indonesia menyatakan bahwa gedget mereka adalah alasan utama dalam mengambil keputusan untuk membeli sesuatu (Sumber : Inmobi).
Nah cukup menarik kan data diatas, bagaimana brand menggunakan fakta ini untuk melakukan kegiatan dan menyasar target market ini? silahkan berdiskusi langsung jika ingin tahu lebih detail dengan pengguna mobile di Indonesia ini.

@AgungpumA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s