Apakah Pemasaran melalui Facebook masih Efektif

Kemarin saya mendapatkan newsletter dari sebuah perusahaan Digital Dunia, banyak fakta terbaru tentang Facebook khususnya landscape dunia. tetapi pertanyaannya apakah dia akan sesuai dengan yang terjadi di Indonesia.

ebe6f546b00a9b6088933d673befa324_facebook

Berikut ini beberapa data statistic terbaru Facebook di Dunia:

1. There are over 950 Million people on facebook Worldwide.

2. There are 83 Million FAKE Facebook Profiles.

3. 42% of Marketers say Facebook is critical or Important to their business.

4. Brand enggagement in 2011 increase by 176%

5. Companies that acquired customer from Facebook, B2C 77%, B2B 43%

6. Brand have seen a 46% increase in user engagement with the new business Timeline

7. Brand Have seen a 65% increase in user engagement in Interactive content with the new Timeline.

8. 72% Marketeers handle Social media inhouse.

9. Marketers struggle with lead generation on facebook.

10. 53% of shoppers who clicked Throughtfrom a friend facebook page have made a purchase.

(Sumber data Hubspot)

data diatas adalah statistik dan insight tentang Facebook di dunia, bagaimana dengan insight di Indonesia? dibawah ini adalah data pengguna Facebook di Indonesia.

1. There are over 44 Million people on facebook Indonesia.

2. Facebook penetration in Indonesia is 18.21% compared to the country’s population and 147.45% in relation to number of Internet users.

3. There are 59% male users and 41% female users in Indonesia.

4. The largest age group is currently 18 – 24 with total of 18 578 675 users, followed by the users in the age of 25 – 34.

5. Average CPC $0.24

6. Average CPM $0.04

(Sumber: Social bakers)

Dua data diatas menggambarkan jelas bahwa pemasaran barnd melalui Facebook masih efektif. dilihat dari data Facebook dunia, jelas bahwa engagement dan interaksi Brand masih menunjukkan trend yang positif. dari data Indonesia juga menunjukkan bahwa banyak market baru yang bisa kita dekati dan melakukan engagement ini menurut saya adalah sebuah peluang Brand di social media khususnya Facebook.

Yang menjadi kunci pokok pemasaran di Facebook adalah mindset kita sebagai marketers harus diubah. kita harus memiliki mindset “Social Media are tools, Content is king” (tulisan saya sebelumnya) jangan menjadikan facebook seperti media advertising lainnya yang sifatnya 1 arah.  Nah apabila kita tahu Facebook adalah tools, maka yang kita pikirkan bagaimana membuat konten yang menarik di Facebook. Konten ini meliputi konten dalam berinteraksi dengan konsumen melalui status dan informasi. ataupun konten untuk melakukan activation digital yang menggunakan tools Facebook.

Kenapa pada bahasan diatas saya selalu menekankan Konten, karena menurut saya Ide sebuah creative content tidak dapat ditiru karena kalu di tiru akan ketahuan siapa yang sebenarnya memiliki ide itu. tapai tools mudah sekali di tiru dan itu menurut saya tidak ada beda dengan yang sebelumnya.

Diskusi tentang bagaimana membuat konten yang baik, saya mengamati beberapa agency yang mengedepankan konten adalah agency yang berbasis WOMM. mari saatnya pergunakan budget kita se-efektivitas mungkin dan dapatkan hasil yang maximal untuk Brand dan corporate anda.

@AgungpumA

Advertisements
By ASM digital: Digital agency terbaik di Indonesia Posted in ASM Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s